Ikan Tuna Berbahaya bagi kesehatan manusia, Apakah Benar?

Ikan Tuna berbahaya bagi kesehatan manusia – Ikan Tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling banyak dikonsumsi serta memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Untuk urusan ekspor malah jenis ikan laut ini merupakan yang paling besar di Indonesia.

Namun, di balik manfaat tuna mereka adalah bahaya lain bahwa jika Anda makan terlalu banyak. Pada kali ini fishdisease akan mencoba mengulas tentang bahaya dari species Ikan laut yang paling banyak dikonsumsi kita semuanya.

Sekilas Tentang Ikan Tuna Berbahaya bagi kesehatan manusia

Ikan Tuna Berbahaya bagi kesehatan manusiasumber: “https://www.antarafoto.com/

Tuna merupakan species ikan yang banyak mengandung asam lemak tinggi omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 ditemukan pada daging tuna jelas bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Misalnya, kadar trigliserida, mengontrol kolesterol jahat darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu dalam ikan Tuna juga dipercaya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi pencegahan dalam pembentukan endapan plak dalam pembentukan pembuluh darah serta mencegah peradangan di Tubuh manusia.

Penelitian Tentang Penyakit Dari Ikan Tuna

Ikan Tuna Berbahaya bagi kesehatan manusiasumber: “https://www.kollerindonesia.com/”

Akan tetapi setelah dilakukan penelitian dari World Health Organization mengenai beberapa spesies ikan laut di Amerika. Maka dapat disimpulkan bahwa  jenis ikan laut, termasuk ikan tuna sangat banyak mengandung kandungan zat logam mercuri yang sangat membahayakan kesehatan manusia. Dengan memakan ikan mengandung zat merkuri tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serta juga menggangu sistem saraf otak manusia.

Disisi lain, bila dikonsumsi oleh anak-anak, zat merkuri mempengaruhi perkembangan otak ketidakmampuan belajar sebab keterlambatan perkembangan. Sementara itu, konsumsi hasil zat merkuri pertumbuhan janin wanita hamil memiliki masalah, cerebral palsy kerusakan saraf mengarah pada kebutaan.

Ikan Tuna Berbahaya bagi kesehatan manusiasumber: “https://food.detik.com/”

Pada orang dewasa, konsumsi merkuri berlebihan juga mempengaruhi tekanan darah. Dimana seseorang bisa menderita merkuri keracunan ditandai dengan adanya gejala seperti penglihatan kabur, insomnia, kelemahan otot, mati rasa, kesemutan, atau masalah bicara, tremor, sakit kepala masalah memori.

Jangan khawatir terlebih dahulu dengan merkuri tuna. Sebenarnya untuk ikan ini masih relatif aman, selama Anda mengkonsumsi serta mengetahui secara bijak apakah jenis ikan tuna dianggap aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Demikianlah artikel ini kami buat, semoga dapat memberikan informasi penting bagi Anda atas bahaya dibalik konsumsi Ikan Tuna yang berlebihan. Terima kasih