Jenis Penyakit Pada Ikan (Part 1)

Jenis Penyakit Pada Ikan Yang Membahayakan – Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di air serta bernafas dengan insang. Namun saat ini saat banyak sekali jenis kelompok vertebrata yang terdiri dari 27,000 jenis di seluruh dunia.

Ikan sendiri merupakan salah satu jenis lauk pauk bagi manusia. Akan tetapi belakangan ini terdapat juga beberapa jenis penyakit pada ikan. Dan pada kali ini fishdisease akan menjelaskan tentang beberapa jenis penyakit pada ikan yang sangat  menakutkan bagi manusia.

List Daftar untuk Jenis Penyakit pada Ikan

Penyakit Pada Ikan (Part 1)

Saat ini sangat banyak sekali orang yang memelihara ikan air tawar dengan proses pengembangbiakan tanpa memikirkan tentang bahaya dalam hal proses memelihara ikan tanpa menjaga kualitas dari ikan tersebut. Sehingga saat ini terdapat berbagai jenis penyakit pada ikan yang membahayakan manusia.

  1. Penyakit Infeksi

Untuk penyakit Infeksi ini dibedakan atas beberapa jenis, seperti:

  • Bersifat Parasit

Untuk jenis penyakit yang satu ini tidak pernah ditemukan penyakit nya dengan mengakibatkan penyakit yang ganas. Namun penyakit jenis ini juga bisa menyebabkan Anda mendapatkan kerugian dalam jumlah besar, diantaranya ketika ikan tersebut mati ataupun tidak bisa memakan pakan ataupun makanan ikan lagi. Berikut beberapa dampak ikan yang terserang protozoa yakni:

Penyakit Pada Ikan (Part 1)

  1. Badan ikan tampak keputihan ataupun pucat
  2. Kekurangan Makan
  3. Tidak bisa bergerak dan hanya mengosokan badannya pada dinding kolam
  4. Ada juga kondisi ikan yang mangap ataupun bergerak keatas kolam untuk mengambil oksigen
  5. Terdapat bercak bercak putih pada tubuh ikan
  • Penyakit Bakteri

Merupakan jenis penyakit terbesar yang menyebabkan kegagalan dalam pemelihaan ikan air tawar.

Saat ini para pemelihara ikan sering menggunakan obat antibiotic sebagai magic bullet dalam melawan jenis penyakit bakteri ini. Namun untuk prosesnya penanganannya masih belum efektif untuk dilakukan. Berikut beberapa jenis penyakit bakteri pada ikan

  1. Bakteri Garam Negatif atau Aeromas Htdrophila
  2. Bakteri Columnaris atau Luka pada Kulit ikan, Sirip ataupun Insang
  3. Bakteri Garam Positif Mycobacterium Spp menyebabkan penyakit Tubercolosis
  4. Bakteri Garam Positif Streptococcus Spp mengakibabkan penyakit Streptococcus spp.
  • Virus

Untuk jenis penyakit ini dikarenakan budidaya air yang sangat jarang ditemui oleh para pemelihara ikan. Namun penyakit ikan yang disebabkan Virus ini sangatlah mengerikan dibanding jenis penyakit lainnya.

Contohnya adalah Penyakit Lymhocystis serta Koi Hervesvirus (KHV) yang sangat merugikan pedagang ikan hias, dikarenakan virus ini mengakibatkan kerusakan ikan itu sendiri. Adapun jenis ikan yang terkena penyakit uni adalah ikan mas dan ikan koi.

 Penyakit Pada Ikan (Part 1)

  • White Spot (Ich)

Merupakan jenis enyakit disebabkan parasite.  Jenis white spot ini sangatlah sering ditemui peternak ikan di Indonesia, dimana penyakit ini ditandai dengan adanya bitnik –bintik putih di sekujur tubuh serta siripnya.

Mengenai gejala white spot ini sering disebut dengan triphont yang hidup di insang ataupun bagian mulut ikan. Secara umum bitnik itu tidak bisa terlihat dengan mata biasa, dikarenakan sangat kecil. Namun setelah beberapa lama parasite tersebut dapat dilihat dengan mata dikarenakan pembesaran pada bagian ikan dengan ukuran 0.5 – 1mm.

Penyakit

  • Black Spot

Adalah penyakit yang seiring dinamakan bintik hitam pada ikan. Mengenai jenis penyakit ini sangat umum serta mudah disembuhkan manusia. Secara umum jenis penyakit black spot ini sering dikarenakan adanya lingkungan baru pada ikan, yaitu karena pemindahan akuarium.

Demikianlah artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.