Jenis Penyakit Pada Ikan (Part 2)

Jenis Penyakit Pada Ikan-2 – Jenis penyakit Ikan sangatlah banyak jenis serta terdapat beberapa perbedaan dibanding jenis penyakit lainnya. Ada faktor Lingkungan dan juga faktor Bawaan.

Pada artikel ini fishdisease akan lebih membahas tentang penyakit pada ikan yang dikarenakan lingkungan pada ikan tersebut. Berikut beberapa jenis penyakit yang disebabkan adanya Lingkungan Ikan tersebut.

Berikut List Jenis Penyakit Pada Ikan-2

  1. Penyakit Non Infeksi

Penyakit Pada Ikan (Part 2)

  • Dikarenakan Faktor Lingkungan

Hal ini dikarenakan proses budidaya khusus air tawar, dikarenakan sifatnya sangat tinggi. Itu disebabkan dengan adanya proses pengolahan lingkungan dari budidaya ikan tersebut. Dampak daerah seiring tersebut pastinya mengakibatkan kerugian, yaitu kematian pada ikan serta seluruh ikan pada kolam tersebut.

Berikut beberapa faktor lingkungan yang mengakibakan kematian pada ikan yaitu:

  1. Ikan seakan akan kehilangan oksigen, itu dikarenakan pada pagi hari air tersebut dipenuhi dengan adanya phytoplankton yang sangat banyak.
  2. Keracunan Nitrit atau disebut juga penyakit darah coklat. Hal ini dikarenakan persentase nitrit terlalu tinggi disebabkna hasil metabolisme ikan tersebut
  3. Keracunan Amoniak. Adapun hal ini disebabkan karenakan pakan ataupun bahan organic yang berlebihan. Selain itu pakan tersebut sangat banyak mengantuk zat beracun yakni NH3
  4. Struktur Air yang Bahaya. Dimana hal tersebut dikarenakan suhu ari yang sangat tinggi serta merusak keseimbangan hormonal serta fisiologis badan ikan yang mengakibatkan ikan tidak bisa beradaptasi serta mengakibatkan ikan stress maupun mati.
  5. Faktor berikutnya adalah adanya logam berat pada ikan yaitu Hg, Cd, Cu, Zn, Ni. Pb. Cr, Al dan juga CO yang mengakibakan kematian pada ikan. Namun kandungan ion serta PH paling mempengaruhi tingkat kelarutan ion ion yang mengakibatkan kematian pada ikan.

Penyakit Pada Ikan (Part 2)

  1. Penyakit Malnutrisi

Penyakit jenis ini dikarenakan adanya kelebihan ataupun kekurangan pada pemberian pakan ikan. Penyakit ini sangat jarang diketahui dikarenakan tidak bisa diketahui oleh peternak Ikan. Hal ini pastinya sangat mengakibatkan ikan sulit bernafas yang pada akhirnya menyebabkan kematian.

Untuk faktor defisiensi vitamin A akan mengakibatkan mata menonjol ataupun buta serta pendarahan kulit dan ginjal. Untuk penyakit malnutrisi paling bahaya adalah kekurangan Vitamin C dimana akan menyebabkan broken back syndrome yakni penyakit scoliosis dan juga lordosis.

  1. Penyakit Genetis

Beberapa penyakit yang mengakibatkan kematian pada hewan peliharaan ini terdapat juga faktor genetis ataupun karena perkawinan satu keturunan  (inbreeding) yang masih sama.

Berikut beberapa faktor penyakit dikarenakan penyakit Genetis:

  • Perkembangan ikan lambat serta bantet dan ukutan ikan yang beragam
  • Sangat tergantung dikarenakan adanya infeksi pathogen
  • Organ tubuh ikan yang tidak sempurna

Penyakit Pada Ikan (Part 2)

  1. Katarak

Mengenai jenis penyakit ikan yang terakhir adalah penyakit katarak pada ikan. Penyakit ini ditandai dengan adanya selaput abu ataupun putih pada tubuh ikan. Namun terdapat beberapa jenis penanggulangan katarak pada ikan yaitu proses Aquatronics dan juga eye fungex.

Namun dalam mencegah penyakit katarak ini sangatlah sulit dikarenakan tergantung pada kondisi pada ikan tersebut. Untuk mencegah penyakit ini banyak peternak ikan memberikan fungisida ke dalam aquarium dengan tujuan mencegah jenis penyakit ini.

Demikianlah artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.